Groundbreaking Bendungan Tugu
24 Mar 2014 
Untuk memenuhi kebutuhan air Provinsi Jawa Timur khususnya di daerah Trenggalek Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas melaksanakan pembangunan Bendungan Tugu yang terletak di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. "Pelaksanaan pembangunan Bendungan Tugu dilaksanakan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya air di wilayah Sungai Brantas dan untuk pengembangan air irigasi baru di daerah Trenggalek," ujar Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak dalam acara Groundbreaking pembangunan Bendungan Tugu, Trenggalek, Jawa Timur, (29/1).
Tujuan dan manfaat dibangunnya Bendungan Tugu adalah untuk penyediaan air Daerah Irigasi Ngasinan seluas 1.200 Ha dan air baku sebesar 400 liter/detik; untuk mengantisipasi dan menanggulangi banjir tahunan yang terjadi di Kabupaten Trenggalek; sebagai pembangkit listrik tenaga mikro sebesar 0,4 MW dan sebagai pengendali banjir.
Hermanto Dardak mengatakan melihat potensi daya rusak air yang cukup tinggi maka potensi sumber daya air yang ada akan terus diupayakan untuk melakukan rekayasa teknis yang sesuai dengan kaidah pengelolaan sumber daya air. "Potensi yang dapat dikembangkan seperti pada posisi lereng Gunung Wilis di Kabupaten Trenggalek yang masih bisa dikembangkan untuk dibangun Waduk Bagong," jelas Hermanto Dardak. Pelaksanaan pembangunan Bendungan Tugu akan selesai di tahun 2017 dengan dana APBN tahun anggaran 2013 sebesar Rp 636 miliar dengan dana APBN dan dana APBN tahun 2014 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 20 miliar. Dengan dibangunnya Bendungan Tugu, maka genangan banjir yang terjadi bisa berkurang dan ketika musim kemarau tiba, kebutuhan air irigasi dapat terpenuhi. Selain itu, di kawasan sekitar Bendungan Tugu nantinya bisa dijadikan lokasi wisata air oleh warga setempat sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi warga setempat.
Turut hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Jenderal Sumber Daya Air Moh. Hasan, Direktur Sungai dan Pantai Pitoyo Subandrio, Kepala BBWS Brantas Billy Pramono, Kepala Balai BBWS Bengawan Solo Yudi Pratondo dan Bupati Trenggalek Mulyadi WR serta Kepala Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur Supaad.




SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : bbwsbrantas@pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda