DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-73
Penandatanganan Kontrak Bendungan Tugu
06 Jan 2014 
Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas melaksanakan penandatanganan kontrak pekerjaan Bendungan Tugu yang direncanakan dibangun di Kali Keser yang merupakan anak Sungai Brantas yang terletak di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur (18/12), Jakarta.

Tipe Bendungan Tugu adalah tipe urugan batu dengan inti tegak, tinggi bendungan 81,25 m, panjang bendungan 425 m, dan volume tampungannya adalah 9,8 juta m3. Manfaat dari Bendungan Tugu adalah untuk memenuhi kebutuhan air irigasi seluas 1.200 Ha, pemenuhan air baku sebesar 400 lt/dtk, mereduksi debit banjir sebesar 36.5 m3/dtk, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) sebesar 400 KWh, dan konservasi serta pariwisata.
 
Pelaksanaan pembangunan Bendungan Tugu akan berlangsung dari TA 2013" 2017 dengan nilai kontrak Rp 6 miliar pelaksana pembangunannya adalah PT. Wijaya Karya (Persero).
 
"Pelaksanaan pembangunan Bendungan Tugu dipercepat dan agar memperhatikan aspek permasalahan sosial masyarakatnya," ujar Moh. Hasan
Diharapkan dengan dibangunnya Bendungan Tugu dapat memenuhi kebutuhan air di kawasan Jawa Timur sehingga masyarakat tidak akan kekurangan air.



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda