Jangan lewatkan webinar dengan tema "Air mengalir kehidupan bergulir" 20 Maret 2021 at 09.00 WIB Live zoom
370 orang mengikuti pelatihan TPM Kegiatan P3-TGAI BBWS Brantas Tahun Anggaran 2021
24 Mar  10:15
Balai Besar Wilayah Sungai Brantas mengadakan pelatihan bagi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang telah lolos seleksi di Hotel Vasa Surabaya, Selasa-Jumat (23-26/03/2021). Proses Rekrutmen dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret dengan total pendaftar TPM sebanyak 1644 orang. Setelah melalui tahapan seleksi, 370 orang berhak mengikuti pelatihan TPM kegiatan P3-TGAI dengan protokol kesehatan secara ketat.
Pelatihan TPM tahun ini dilaksanakan guna memberikan sosialisasi, motivasi serta pemahaman mengenai peningkatan saluran irigasi sebagaimana tertuang dalam petunjuk teknis dan pedoman umum P3-TGAI.

Kepala BBWS Brantas, Dr. Ir. Muhammad Rizal, M.Sc., menyampaikan total pengerjaan ada 750 titik lokasi yang tersebar di 20 Kabupaten Provinsi Jawa Timur. Kegiatan P3TGAI ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian serta menjaga daya beli masyarakat di pedesaan. Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, maka perlu dilakukan percepatan program padat karya selama masa penanganan penyebaran Covid-19 termasuk Program P3-TGAI yang dilaksanakan secara swadaya masyarakat. Program ini adalah kegiatan padat karya tunai untuk membangun saluran tersier irigasi dengan luasan lahan yang diairi maksimal adalah 150 hektar. "Dimana, pelaksanaannya melibatkan masyarakat petani yang tergabung dalam P3A/HIPPA dan tidak diperbolehkan untuk dipihak ketigakan,” imbuhnya.

Elroy Koyari, ST.,MT., Kasubdit Wilayah I Direktorat Bina OP menambahkan, Prinsip pelaksanaan P3-TGAI diantaranya partisipatif, transparansi, akuntabilitas, berkesinambungan. Sehingga dari prinsip-prinsip tersebut dapat terwujudnya sumbangan pemikiran/gagasan masyarakat petani disertai penggunaan dana yang dapat diketahui oleh masyarakat petani yang terlibat. "TPM diharapkan dapat menjadi ujung tombak dan perwakilan bagi BBWS Brantas dalam pelaksanaan P3-TGAI agar dapat tercapai," pesannya.(BBWS Brantas)



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : bbwsbrantas@pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda