Jangan lewatkan webinar dengan tema "Air mengalir kehidupan bergulir" 20 Maret 2021 at 09.00 WIB Live zoom
Penghijauan di Bendungan Semantok dalam Peringatan HAD XXIX tahun 2021
06 Apr  10:04
"Menghargai Air atau Valuing Water"
Adalah tema global Hari Air Dunia XXIX tahun 2021
Diperingati setiap tanggal 22 Maret, Hari Air Dunia selalu mengedepankan tema-tema khusus sejak tahun 1994. Hari Air Dunia atau World Water Day adalah perayaan yang ditujukan untuk menarik perhatian manusia di seluruh dunia akan pentingnya kualitas dan kuantitas air serta pengelolaan air berkelanjutan. Hari Air ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat dunia untuk bersama saling menjaga kualitas dan kuantitas air demi keberlangsungan hidup masa mendatang.

Agar pemanfaatan dapat berkelanjutan, maka air perlu dijaga kelestariannya baik dari segi jumlah maupun mutu dengan melakukan pengelolaan. 
Menjaga kualitas dan kuantitas air bukan hanya sebatas tugas pemerintah, namun keterlibatan semua elemen sangat penting untuk menunjang segala upaya yang dilakukan. Untuk itulah, pada peringatan HAD XXIX Tahun 2021 ini, BBWS Brantas menggelar serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian sumber daya air.

Kegiatan tersebut antara lain meliputi lomba karya ilmiah bertema 'Menghargai Air' dengan peserta mahasiswa, Kampanye Hari Air Dunia yang dilaksanakan di Tunjungan Plaza, Bersih-bersih Sungai di Avfour Balongkrai Mojokerto, On Air Podcast, Webinar bertema 'Air Mengalir kehidupan Bergulir', serta Pameran Virtual. Sebagai penutup rangkaian kegiatan, dilakukan aksi penanaman pohon secara Nasional yang menjadi puncak dari peringatan HAD XXIX Tahun 2021. Dan di wilayah BBWS Brantas dilaksanakan penanaman di Bendungan Tugu dan Bendungan Semantok.

Melalui aksi penanaman pohon serentak ini diharapkan menjadi contoh nyata pengelolaan sumber daya air dengan mengoptimalkan area Green Belt waduk yang bertujuan untuk mengurangi potensi limpasan permukaan dan menambah resapan air untuk recharge air tanah. Ini merupakan upaya konservasi dengan maksud menahan air selama mungkin di darat untuk dimanfaatkan bagi kehidupan, sebelum terbuang ke sungai dan akhirnya ke laut. Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan dapat terwujud pengelolaan air yang berkelanjutan. (BBWS Brantas)



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : bbwsbrantas@pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda