DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-73
UNIT SISDA

Masalah SDA merupakan masalah yang melibatkan banyak pihak, baik dari sektor swasta, pemerintahan maupun masyarakat umum. Melihat betapa kompleksnya permasalahan yang berhubungan dengan SDA, maka pengelolaan SDA memerlukan dukungan Sistem Informasi Sumber daya Air (SISDA) yang memadai. Secara umum SISDA merupakan suatu sistem informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam pengelolaaan data dan informasi SDA.

BBWS Brantas terbentuk pada tahun 2007 pada waktu itu juga SISDA mulai ada dan struktur organisasi SISDA pada saat berada di dalam bidang O&P sedangkan pada saat ini sejak tahun 2011 SISDA berada pada bidang Program dan Perencanaan Umum.

Tujuan dari keberadaan SISDA di BBWS Brantas adalah untuk tersedianya data Sumber Daya Air (SDA) yang memadai, akurat, tepat waktu, berkesinambungan dan dikelola dengan efektif dan efisien serta dapat dipercaya dalam pengelolaan SDA di lingkup BBWS Brantas yang kemudian selanjutnya dapat menjadi sumber informasi bagi seluruh bagian yang memerlukan informasi yang dikelola dan disediakan SISDA BBWS Brantas.

Pengertian menurut UU no. 7 bab VIII pasal 65 ayat 1 & 2 adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan menghasilkan informasi mengenai kondisi hidrologis, hidrometeorologis, hidrogeologis, kebijakan SDA dan sekitarnya, serta kegiatan sosial ekonomi budaya masyarakat yang terkait dengan sumber daya air yang bertujuan untuk mendukung pengelolaan SDA di indonesia. Untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan SISDA seperti yang diuraikan di atas perlu didukung oleh pedoman pelaksanaan yang memenuhi standar mutu sehingga diperoleh data yang memadai, akurat dan mudah diakses.

Untuk mewujudkan tujuan pengelolaan SISDA maka diperlukan upaya-upaya sebagai berikut:

  1. Mewujudkan koordinasi dan sinkronasi program dan kegiatan di tingkat pusat maupun daerah.
  2. Mewujudkan standar mutu dan sertifikasi bagi pelaksanaan pengelolaan data dan informasi SDA.
  3. Mewujudkan ketersediaan pendanaan yang cukup bagi pelaksanaan pengelolaan SISDA.

Adapun pihak pihak terkait yang erat dalam kegiatan pengelolaan SISDA baik sebagai penyedia dan pengakses data diperlukan kerjasama yang maksimal dan berkesinambungan. Karena proses pengelolaan SISDA tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila terdapat ketidak selarasan komunikasi dari pihak-pihak terkait untuk menyajikan data yang dapat diinformasikan pada pengakses yang memerlukan data tersebut.

Adapun yang sudah dapat diinformasikan oleh SISDA BBWS Brantas sampai dengan saat ini antara lain:

1.Update PDSDA / PAI

Pengelolaan Data Base Sumber Daya Air (PDSDA)/ Pengelolaan Aset Irigasi (PAI) adalah program database yang menghimpun data-data Sungai dan irigasi. Program PDSDA ini dibuat olah Direktorat Bina Program, Subdit Data Informasi. Pengguna program ini adalah instansi terkait yang bertanggung jawab mengolah data dalam hal ini SISDA BBWS Brantas salah satu pengolah data yang mewakili Sungai Brantas di Jawa Timur. Lingkup penggunaan program ini adalah semua aset sungai yang dikelola oleh BBWS Brantas. Penggunaan program ini adalah ketika ada penambahan dan perubahan aset sungai dan irigasi. Tujuan menggunakan program ini adalah agar data-data yang sudah ada dapat terkumpul dan dapat diolah sehingga dapat diakses dan mampu memberikan informasi yang maksimal dan akurat.

pdsda.jpg  

  Update PAI Seperti juga PDSDA, Program PAI mengupdate data-data Irigasi Jawa Timur yang dibawah kewenangan pusat berikut Daerah irigasi (DI) yang sudah diupdate dengan penelusuran jaringan irigasi dari hulu ke hilir

1. DI Delta Brantas

2. DI Kedung Kandang

3. DI Lodoyo

4. DI Mrican Kiri

5. DI Molek

6.Kedung Kandang

7.DI Menturus

8.Padi Pomahan

 

7.

 

 2. Website


Untuk memenuhi informasi bagi para pengakses data dengan jalur online atau via internet dapat diperoleh melalui website yang disediakan bagi pihak yang berkepentingan memperoleh data yang dikelola SISDA khususnya untuk lingkup BBWS Brantas. Sehingga dengan kehadiran website untuk media online diharapkan para pengakses data tidak sampai ketinggalan informasi terbaru yang sedang maupun sudah berlangsung di lingkup BBWS Brantas dan juga tidak mengalami kesulitan dalam memperoleh data yang akurat. Website BBWS Brantas saat ini mempunyai 2 Website yaitu : 1. www.bbwsbrantas.com Website ini adalah website yang pertama kali dibuat oleh SISDA bbws Brantas 2. https://bbwsbrantas.pdsda.net/ Website ini adalah website ini disediakan oleh Kementerian PU Direktorat Bina Program, sebagian Subdit Data Informasi dan pada saat ini SISDA BBWS Brantas bertugas melakukan update web ini.

 


 

 4. Pelatihan Pendampingan Pembakuan Peta

Di BBWS Brantas, SISDA mengadakan Pelatihan Pendampingan GIS dan pada saat ini sedang membakukan peta 1 : 25.000 di DAS Brantas. Sebelumnya SISDA sudah mempunyai peta 1:250.000 di DAS Brantas. Untuk layer GIS, mempunyai beberapa layer antara lain layer administrasi, jaringan sungai, stasiun hujan, kualitas air, basin blok dan lain-lain.


 

5. Buletin Brantas

SISDA juga menyajikan informasi melalui media cetak dengan menerbitkan Buletin Brantas yang disajikan empat bulanan. Sampai dengan tahun 2011 SISDA sudah menerbitkan sampai dengan edisi ke 4. Diharapkan dengan penyajian Buletin Brantas dapat menyajikan informasi terbaru tentang berbagai macam info dan kegiatan yang ada di dalam lingkup BBWS Brantas dengan area pekerjaan se-Provinsi Jawa Timur. Hambatan atau kendala yang sampai dengan saat ini masih dialami SISDA di lingkup BBWS Brantas adalah kesulitan dalam mendapatkan/memperoleh data yang diperlukan dari berbagai pihak sehingga dalam waktu ke depan masih sangat diperlukan peningkatan koordinasi dan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait langsung untuk memberikan data dan informasi sehingga dapat diolah dan kemudian disajikan dengan baik dan cepat oleh  SISDA BBWS Brantas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Studi banding di Australia

1. Adamson - Bapenas _Part A

2. Adamson_BAPPENAS_Part B

3.indon watershed goverance alexandra v2 short

4.MDB-Indo Aug 2014

5.Water Reform in Australia-Tim Fisher


SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda