SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2020
10 Nop  04:41
Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan yang menggambarkan sejarah perjuangan arek-arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.
Semangat perjuangan terus dikibarkan oleh salah satu Pahlawan Nasional Bung Tomo, dengan kata-katanya Merdeka atau Mati mengobarkan jiwa patriotisme dari seluruh rakyat Indonesia.
Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itu serta semangat membara tak kenal menyerah yang ditunjukkan rakyat Surabaya, membuat Inggris serasa terpanggang di neraka dan membuat kota Surabaya kemudian dikenang sebagai Kota Pahlawan.
Peristiwa di Surabaya ini membentuk jiwa nasionalisme bangsa Indonesia untuk menentang kembali dominasi sekutu di Indonesia. Pertempuran 10 November di Surabaya menjadi tolok ukur barometer dan motivasi bagi wilayah lainnya di Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah.
Dari peristiwa 10 November itu, dapat kita petik beberapa hal untuk dapat kita ambil sikap keteladanan dari para pahlawan kita, yaitu sikap pantang menyerah, tahan uji, bersatu, rela berkorban, dan semangat nasionalisme dengan cinta tanah air Indonesia.
Sikap-sikap para pahlawan itu harus kembali kita tanamkan pada diri kita termasuk pada diri kita insan PUPR dan #sobatbrantas yang tanggap dan sigap untuk terus membangun negeri (sisdabrantas)



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : bbwsbrantas@pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda