*Marhaban Yaa Ramadhan** Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H. Mohon maaf lahir batin atas segala salah dan khilaf.. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita.. Aamiin YRA
Kunjungan Lapangan Rencana Pembangunan Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek Oleh Dirjen Tata Ruang
13 Mei  17:58
Kunjungan Lapangan Dirjen Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata Ruang, Abdul Kamarzuki beserta jajaran ini sebagai salah satu syarat pengajuan revisi Rencana Tata Ruang Wilyah (RTRW) Kabupaten Trenggalek salah satunya lokasi pembangunan Bendungan Bagong ini, Senin 13 Mei 2019 di dampingi oleh Kasatker Bendungan dan Kabid PSJA dari BBWS Brantas beserta jajaranya.

Bendungan Bagong yang rencananya akan segera dibangun untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Trenggalek ini belum masuk kedalam RTRW daerah. Sehingga sebelum dibangun perlu adanya revisi RTRW sehingga bendungan ini masuk dalam rencana tata ruang dan tata wilayah di Kabupaten Trenggalek.

"Memang untuk Bendungan ini di RTRW memang belum ada. Baru sekarang dan sudah masuk Provinsi dan sudah di pusat juga materi revisi RTRW nya," ujar Dirjen Tata ruang ini.

"Biasanya kalau revisi biasanya lama, tapi yang direvisi ini bukan hanya bendungan bagong saja melainkan RTRW secara menyeluruh." pungkasnya

Jadi untuk mempercepat kalau ini sangat dibutuhkan dan dirasa penting untuk masyarakat Trenggalek dan juga sudah masuk di PSN. Mekanisme kita untuk melihat tata ruang kajiannya seperti apa mudah-mudahan besok sudah bisa keluar rekomendasinya.
 
Untuk revisi RTRW yang diajukan Trenggalek kemarin sudah sampai pra loket (Pralok), jadi sudah di pusat. Ada Peraturan Menteri ATR baru, kita tidak menunggu RTRW Provinsi lagi, bisa langsung revisi RTRW Kabupaten, asal sudah duduk bareng antara Pemerintah Kabupaten dengan Provinsi.
 
Sedangkan Plt Bupati Trenggalek, Moch. Nur Arifin, bendungan bagong punya fungsi bukan hanya sebagai penampung air, pengendali banjir namun juga ketahanan terhadap bencana dan dampaknya bukan hanya untuk Kabupaten Trenggalek saja melainkan untuk daerah di Selingkar Wilis juga, Kabupaten di sekitar Tunggal Rogo Mandiri," terangnya.

Ini menjadi proyek strategis nasional, sehingga kita berupaya untuk proses percepatan, RTRW sudah masuk ke tahap revisi, kemudian kemarin pengajuan penlok.

 
Karena proses lelang, kelihatannya kontrak juga sudah begitu juga dengan kesiapan lahan, makanya kita terus berusaha untuk mempercepat revisi RTRW ini sehingga pembangunan Bendungan Bagong tidak terkendala.

Menurut Bupati Trenggalek ini, Insyaallah masyarakat mendukung, ketika Musrenbangdes masyarakat juga menghendaki segera dibangun. Karena berharap potensi ekonomi lebih lanjut kalau nanti ada Bendungan.

Ini menjadi proyek strategis nasional, sehingga kita berupaya untuk proses percepatan, RTRW sudah masuk ke tahap revisi, kemudian kemarin pengajuan penlok.

Karena proses lelang, kelihatannya kontrak juga sudah begitu juga dengan kesiapan lahan, makanya kita terus berusaha untuk mempercepat revisi RTRW ini sehingga pembangunan Bendungan Bagong tidak terkendala.
 
Menurut Bupati Trenggalek ini, Insyaallah masyarakat mendukung, ketika Musrenbangdes masyarakat juga menghendaki segera dibangun. Karena berharap potensi ekonomi lebih lanjut kalau nanti ada Bendungan.(berbagai sumber)



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda