Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020
Pengendali Banjir Kali Bogel Guna Atasi Masalah Banjir
27 Des 2018 
Banjir yang terjadi di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar diakibatkan oleh kurangnya kapasitas atau daya muat Kali Bogel dan anak-anak sungainya dalam mengalirkan debit air banjir ke arah hilir, dimana Kali Bogel ini bermuara di Sungai Brantas.
Selain masalah banjir yang dihadapi, pada beberapa bagian ruas sungai (terutama pada tikungan sungai) terdapat masalah kelongsoran tebing/tanggul sungai yang di beberapa lokasi menyebabkan meluapannya air sungai karena runtuhnya tanggul pengendali banjir.
Banjir ini terjadi setiap tahun menimbulkan kerugian yang cukup besar berupa kerusakan langsung akibat banjir yang menggenangi permukiman maupun terganggunya aktivitas masyarakat, kerusakan jalan-jembatan, serta kerusakan badan sungai (kelongsoran tebing sungai).

Banjir di Kecamatan Sutojayan yang cukup besar antara lain terjadi pada:
03 Desember 2004: Banjir menewaskan 7 orang dan memaksa 10.000 orang mengungsi (https://nasional.tempo.co/read/52249/banjir-di-blitar-7-tewas). Tinggi genangan mencapai 2 m dengan lama genangan antara 2-10 hari dengan luas area genangan +500 Ha. Banjir ini diperkirakan setara dengan banjir periode ulang 25 tahun.
18 Januari 2016: Banjir mengakibatkan +500 warga harus dievakuasi ke tempat aman. (http://bpbd.blitarkab.go.id/read/2527/headline/perkembangan-banjir-sutojayan-pada-13-00-wib.html). Tinggi genangan mencapai 1 m dengan lama genangan mencapai 3 hari dengan luas area genangan + 300 Ha. Banjir diakibatkan adanya tanggul sungai yang jebol.
11 Februari 2017: Banjir mengakibatkan +300 rumah warga Terdampak banjir. (https://www.jawapos.com/jpg-today/12/02/2017/tanggul-jebol-ratusan-rumah-di-blitar-dikepung-banjir). Tinggi genangan mencapai 1 m dengan lama genangan mencapai 2-3 hari dengan luas area genangan +200 Ha. Banjir diakibatkan adanya tanggul sungai yang jebol.

Kelurahan - Desa di sepanjang Kali Bogel (dan anak-anak sungainya) yang berada di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar yang sering mengalami banjir adalah Kelurahan Sutojayan, Kedungbunder, Desa Pandanarum, Desa Bacem dan Desa Sumberjo.
Sehingga dengan kejadian banjir di atas maka dilaksanakan pengendalian banjir dan normalisasi Kali Bogel untuk mengatasi banjir (periode ulang 25 tahun / Q25) melalui kegiatan:
Normalisasi (pengerukan) Kali Bogel, Kali Gesing, Kali Kedung Wungu (Kali Anyar) dan Kali Bacem dengan panjang total +10 km.
Pembangunan Tanggul di kiri-kanan badan sungai yang sekaligus difungsikan sebagai jalan inspeksi untuk keperluan pemeliharaan sungai, dengan panjang total +20 km.
Pembangunan Perkuatan Tebing (dinding tegak beton bertulang) sungai dengan panjang total +3 km (di bagian kiri dan kanan sungai) pada lokasi tebing sungai yang berpotensi mengalami kelongsoran. Tebal pondasi 0,7 m dan tinggi dinding 4,5 m. Tinggi total bangunan 5,2 m.
Pekerjaan ini direncanakan dilaksanakan dalam waktu 1.076 Hari Kalender, mulai tanggal 21 Desember 2017 hingga 30 November 2020.(SISDA Brantas/PJSA)



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : informasibrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda