*Marhaban Yaa Ramadhan** Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H. Mohon maaf lahir batin atas segala salah dan khilaf.. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita.. Aamiin YRA
Pembangunan Bendungan Tugu Paket I Capai 100%
29 Des 2018 
Proses pelaksanaan pembangunan Bendungan Tugu Tahap I di Kabupaten Trenggalek pada
akhir tahun 2018 sudah mencapai progress pekerjaan 100%. Ini semua berkat kerja keras semua pihak terkait untuk menyelesaikan pembangunan secara cepat dan cermat guna mengejar target ketertinggalan akibat dari pembebasan lahan yang sempat mengalami hambatan. Bendungan yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak 2014 ini diharapkan dapat segera rampung pada tahun 2021, diharapkan untuk pelaksanaan tahap II ini pembangunan Bendungan Tugu sudah tidak ditemui masalah lagi yang dapat menghambat progress pekerjaan. Pemerintah daerah melalui Bupati sangat berkomitmen untuk membantu kelancaran pelaksanaan pekerjaan Bendungan Tugu karena mengingat manfaat yang akan diterima oleh masyarakat Trenggalek khususnya. Pekerjaan pembangunan bendungan yang berlokasi di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu ini akan memulai Tahap II pada awal tahun 2019. untuk material quarry yang diambil dari Gunung Lojeh juga semua prosedur sudah rampung sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. 
Adapun Paket I pekerjaan Bendungan Tugu meliputi relokasi jalan utama yang menghubungkan Trenggalek dan Ponorogo, sedangkan pekerjaan di bendungan meliputi konduit pengelak, intake, jalan hantar, shotcrete, cofferdam hulu, cofferdam hilir, as maindam, filter zona 2 dan 3, spil lway, direksikeet, bangunan fasilitas (kantor lapangan) dan tumpuan kanan dan kiri. 
Masyarakat setempat sangat berharap keberadaan Bendungan Tugu di masa mendatang akan menjadi pendukung laju roda perekonomian, selain fungsi Bendungan Tugu sebagai penyedia irigasi DI. Ngasinan seluas 1.200 Ha dan pemenuhan kebutuhan air baku sebesar 12 liter/detik serta mereduksi banjir tahunan, juga diharapkan menjadi obyek wisata dan menjadi salah satu ikon wisata baru di Kabupaten Trenggalek. 
Bendungan Tugu merupakan salah satu dari 65 Pekerjaan Bendungan yang diprogramkan Presiden Jokowi guna meningkatkan produksi pertanian dalam negeri.
Menurut Presiden Jokowi, bahwasanya kekeringan dan kemarau panjang harus bisa diatasi. Adanya bendungan akan menjamin ketersediaan air yang menjadi kunci ketahanan pangan Indonesia. 
“Tidak akan mungkin jadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan, kalau jumlah bendungan dan saluran irigasi yang mengaliri lahan-lahan pertanian kita di seluruh penjuru tanah air sangat terbatas,” kata Presiden Jokowi. 
Pembangunan bendungan sendiri dilakukan dalam rangka mewujudkan ketahanan air dan kedaulatan pangan. Dengan dibangunnya 65 bendungan tersebut maka ketersediaan tampungan air di Indonesia akan meningkat menjadi 19,1 miliar meter kubik dari sebelumnya yang hanya 12,6 miliar meter kubik yang berasal dari 230 bendungan yang ada saat ini. 
Penambahan volume air yang bisa ditampung akan memberi pengaruh terhadap luasan areal irigasi yang diairi. Saat ini dari 7,1 juta hektar sawah, 760.000 hektar sawah atau 10,5% dari irigasi yang sumber air dari bendungan, sementara sisanya masih berasal dari air non bendungan seperti tadah hujan maupun bendung saja. 
Dengan selesainya 65 bendungan tersebut, luasan sawah yang mendapat air dari bendungan bertambah 173.000 hektar atau secara total menjadi 933.000 hektar atau 13,5% yang bersumber dari air bendungan. Dengan sumber air dari bendungan, maka kebutuhan air pertanian diharapkan bisa terpenuhi sepanjang tahun. 
Namun waktu yang dibutuhkan untuk membangun bendungan juga tak sebentar. Dibutuhkan waktu tiga sampai empat tahun, belum lagi waktu untuk melakukan pengisian air ke bendungan hingga mencapai kapasitas optimalnya. 
Hal ini membuat dari 65 bendungan yang dibangun, ditargetkan akan ada 29 bendungan yang selesai pada 2019 dan akan selesai seluruhnya pada 2022. Perlu kerjasama banyak pihak untuk menjaga kelancaran proses pembangunan bendungan dan komitmen bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat sesuai dengan motto Kementerian PUPR untuk mencapai hasil yang maksimal dan memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi masyarakat. (SISDA Brantas)




SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda