Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020Di Butuhkan Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) P3-TGAI BBWS Brantas 2020
Penting Menjaga Keberadaan Sumber Air dan Hutan
17 Des 2018 
Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018 di Jawa Timur tepatnya dilaksanakan di Rest Area Jalibar Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu pada 17 Desember 2018. Kegiatan ini merupakan aksi nyata penyelamatan hutan, tanah dan air yang terlaksana berkat  kerjasama antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Dinas PU Provinsi Jatim, dan Pemerintah Kota Batu. Turut hadir dalam kegiatan Kepala PPLS, Ir. Dwi Sugiyanto, Kepala BBWS Brantas, Ir. Saroni Sugiarto, ME dan Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Sejumlah 3.800 bibit pohon dari berbagai jenis seperti Nangka, Mundu, Apukat, Jambu kristal, Jambu biji, Kemiri, Damar, Kayu putih, Akasia, Genitri dan Mahoni dipersiapkan oleh panitia untuk meramaikan Penghijauan di areal Tanah Kas Desa (TKD) seluas 41 hektar ini.
“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan dipusatkan di Bendungan Jatiluhur. Tiga dasawarsa ini penurunan DAS Brantas luar biasa, dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah dan stake holder terkait akan membangkitkan kembali semangat menghijaukan, sehingga kebutuhan air tidak hanya saat ini saja, namun juga di masa yang akan datang semua tercukupi,” ujar Ir. Dwi Sugiyanto. Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, dalam sambutannya menekankan bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan, sebagai jantung mahluk hidup yang lain sehingga dirasakan sangat penting untuk menjaga kelestarian lahan khususnya hutan dan area hijau dan menjaga tersedianya air khususnya bagi masyarakat di Kota Batu. Hutan merupakan aset paruparu kota di masa yang akan datang.

“Kota Batu ini merupakan penyuplai air puluhan kota dan kabupaten di wilayah Jawa Timur. Sebab Kota Batu sebagai sumber mata air atau hulunya sehingga sangat penting menjaga keberadaan sumber air dan hutan,” kata Punjul Santoso. Jika lingkungan dan hutan yang berada di kawasan Kota Batu mengalami kerusakan yang terdampak langsung dan tidak langsung tidak hanya warga Kota Batu saja. Namun, hampir semua warga di wilayah Jatim Terutama daerah-daerah yang dilalui Sungai Brantas.
“Saya berterima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat, dan Direktorat Jendral Sumber Daya Air, yang sudah melaksanakan program tanam pohon di Kota Batu ini,” tutup Wakil Walikota Batu. “Kegiatan Menanam pohon ini juga masih berkaitan dengan peringatan Hari Bakti PU ke 73. Semoga kegiatan positif ini membawa manfaat yang besar kedepannya dan selalu dapat dilaksanakan tidak hanya saat seremonial tapi juga di hari-hari selanjutnya,” ujar Ir. Saroni Sugiarto,ME, dalam kesempatan yg sama. (Sisda Brantas)



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : informasibrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda