DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-73
Pembangunan Jaringan Irigasi DI. Nipah, Kab. Sampang – Madura

v  LATAR BELAKANG

        Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di kawasan timur Indonesia yang mempunyai potensi ketersediaan air dan lahan yang cukup besar. Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu penghasil komoditas pangan yang potensial dan salah satu Daerah Irigasi yang potensial tersebut adalah Daerah Irigasi Nipah.

        Daerah Irigasi Nipah akan disuplai air dari waduk Nipah ke Bendung Tebanah di sebelah hilirnya. Diperkirakan dapat mengairi sawah potensial di DI.Nipah seluas 1.150 Ha dengan perincian fungsi pengairan sebagai berikut :

        1. Meningkatkan sawah semi teknis ke teknis seluas                225 ha

        2.Meningkatkan sawah tanah hujan ke teknis seluas               925 ha 

        3.Meningkatkan produksi padi menjadi 6-7 ton

v  TUJUAN              

        Tujuan dari pembangunan Daerah Irigasi Nipah adalah untuk meningkatkan pendapatan petani dan sekaligus memperbaiki taraf hidup masyarakat pedesaan, khususnya di lokasi proyek. Sedangkan secara khusus, pembangunan saluran dan bangunan irigasi di Desa Tebanah Kec.Banyuates Kabupaten Sampang ini bertujuan untuk mengalirkan air dari Bendung Tebanah ke petak-patak sawah yang ada di hilirnya.

v  DISKRIPSI KEGIATAN

Irigasi Nipah Kanan dan Kiri diambil dari bending Tebanah, kira-kira 200 m di hilir dari Waduk Nipah. Air dari Waduk Nipah akan mensuplai Bendung Tebanah, tertama di musim kemarau, sehingga diharapkan kebutuhan air selalu ada di Bendung Tebanah, untuk kebutuhan Jaringan Kanan dan Kiri.


SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda