DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-73
Sosialisasi Pembangunan Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk
12 Jul  09:56
Dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat Rejoso khususnya dan Kab.Nganjuk pada umumnya pemerintah akan membagun Bendungan Semanthok sebagai proyek Nasinol hari ini Kamis 12/06/2018 pukul 10.00 Wib dilaksanakan Sosialisasi Pembangunan Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Ir Fauzi Idris, ME, Fopimda ,pimpnan PT.Hutama Karya,PT Brantas Abi Praya,Forpinca Rejoso,dan warga masyarakat yang terkena dampak pembangunan bendungan Semantok Kab.Nganjuk sekitar 200 orang, Menurut Fauzi Idris, tujuan pembangunan Bendungan Semantok guna meningkatakan tarap hidup masyarakat setempat, khususnya para petani, serta dapat mereduksi bencana banjir, tiap tahun melanda wilayah Rejoso, serta salah satu pengembangan tata ruang Kabupaten Nganjuk.

“Selama ini pemerintah telah mengupayakan tanah pengganti agar segera dilakukan relokasi bagi warga terdampak juga lahan pengganti bagi Perhutani, agar semuanya segera teratasi,” tegasnya.

Selain mengatasi masalah kekeringan dan banjir, keberadaan Bendungan Semantok juga menjadi destinasi wisata handalan di Kabupaten Nganjuk. Sehingga dapat mendatangkan wisatawan, baik bagi Nganjuk sendiri maupun luar daerah.

“Warga terdampak diharapkan ke depan harus lebih makmur, karena pembangunan ini dapat menjadi destinasi wisata baru bagi Kabupaten Nganjuk,” ujarnya.


Tujuan pembangunan bertarap Nasional ini adalah meningkatakan tarap hidup masyarakat setempat khususnya para petani,karena dapat mengairi saeah pada musim tanam,Semanthok dapat mereduksi banjir wilayah Kab.Nganjuk bagian utara dan juga merupakan pengembangan dari tata ruang Kab.Nganjuk.

Warga terdampak diharapkan ke depan harus lebih makmur,pembangunan ini dapat menjadi Destinasi Wisata baru bagi Kab.Ngsnjuk.

Adapun rincian pembangunan tersebut adalah 1.Luas bendungan   412 Ha , 2.Tanah perhutani 372 Ha,3.Tanah warga 40 Ha,4.Relokasi warga 180 KK 543 jiwa 5.Rencana relokasi di Dsn.Dungpingit Ds.Sambikerep Kec.Rejoso 6.Lahan yang disiapkan untuk relokai 40 Ha, 7.Rencana akan dimulai proyek Bulan Agustus 2018.

Masyarakat terdampak diharapkan mendukung dan mensukseskan adanya pembangunan proyek ini demi kepentingan masyarakat ,yang membawa dampak untuk meningkatkan perekonomian dan tarap hidup masyakrakat.



SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda