Wonokromo River Improvement Surabaya Sudah Berfungsi
05 Agt 2015 

BRANTAS – Penanganan banjir perkotaan saat ini menjadi prioritas, sudah tercatat 12 kota provinsi mengalami kejadian banjir, untuk itulah perlunya prioritas dalam program penanganan banjir di tahun-tahun yang akan datang. Dapat dipastikan Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang berhasil mengatasi permasalahan banjir.
Adapun salah satu pekerjaan pengendalian banjir adalah Wonokromo River Improvement Surabaya Sub Project (Package-3) (Pengembangan Kali Wonokromo) meliputi River Bank Protection dan Dike Embankment dengan panjang ruas kanan 1.413 m dan ruas kiri sepanjang 1.692 m, Dike Foot Protection dengan panjang ruas kanan 1.448 m dan untuk parapet dengan panjang ruas kanan 889 m serta ruas kiri 813 m.
Dengan latar belakang Kali Wonokromo karena terbatasnya kapasitas tampungan sungai serta perubahan tata guna lahan dan kondisi bantaran sungai yang mengakibatkan timbulnya permasalahan seperti:
1. Intensitas banjir akan semakin meningkat sebagai akibat meningkatnya koefisien limpasan karena kepadatan bangunan dan perubahan tata guna lahan di sepanjang Kali Wonokromo.
2. Sulitnya operasi dan pemeliharaan sungai yang akan memicu terjadinya banjir dengan adanya bangunan-bangunan liar di sepanjang bantaran Kali Wonokromo.
3. Berkurangnya aset-aset tanah negara pada lokasi bantaran sungai sebagai akibat penyerobotan lahan oleh masyarakat.
Dengan selesainya penanganan masalah Kali Wonokromo secara menyeluruh diharapkan akan memberikan tujuan dan manfaat yang baik sebagai berikut:
1. Meningkatkan kapasitas sungai sehingga mampu mengalirkan debit banjir rencana Q20th = 419 m3/det.
2. Memperlancar sistem drainase Kota Surabaya.
3. Mengamankan daerah permukiman penduduk, fasilitas umum dan tempat-tempat vital/perkantoran dari bahaya banjir.
4. Memperbaiki kondisi morfologi sungai yang seimbang pada aliran Kali Wonokromo.
5. Melindungi aset-aset strategis yang terkait dengan Sumber Daya Air.
6. Menciptakan rasa aman pada masyarakat terhadap ancaman banjir.

Selain itu kini Kali Wonokromo juga tersedia tambatan perahu nelayan dan juga dapat menjadi sarana wisata air bagi masyarakat Kota Surabaya, dan diharapkan peran serta masyarakat untuk memelihara kebersihan fasilitas yang ada agar dapat terus dinikmati bersama. (SISDA)





SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : bbwsbrantas@pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda