Rapat Koordinasi Persiapan Pembangunan Bendungan Semantok
25 Mei 2015 

BRANTAS - Pada Senin, 4 Mei 2015 bertempat di Aula Kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas dilaksanakan rapat yang membahas tentang koordinasi Pembangunan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, yang dipimpin Kepala BBWS Brantas dan dihadiri dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) antara lain Direktur Sungai dan Pantai Ditjen SDA,  Kepala Balai Bendungan Ditjen SDA, Kepala Subdit Wilayah II Direktorat Sungai dan Pantai dan Kepala Subdit Prasarana Konservasi dan Sedimen Direktorat Sungai dan Pantai.

Hadir pula dari Instansi Pemerintah Kabupaten Nganjuk antara lain Bupati Kabupaten Nganjuk, Kepala BAPPEDA Kab. Nganjuk, Ketua Komisi C DPRD Kab. Nganjuk dan Kepala Dinas PU Pengairan Kab. Nganjuk. diamping itu hadir juga bebrapa undangan dari instansi-instansi terkait.

Sambutan rapat disampaikan oleh Kepala BBWS Brantas yang menjelaskan bahwa diperlukan koordinasi antara pemangku jabatan dan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, dari Kepala Subdit Prasarana Konservasi dan Sedimen Direktorat Sungai dan Pantai menjelaskan 3 poin yaitu bahwa didalam pembangunan bendungan pembebasan lahan sebaiknya selesai 1 tahun sebelum pelaksanaan, yang kedua peta bidang hasil larap sudah mencakup luasan dan rincian kepemilikan dan yang ketiga sertifikasi pembangunan bendungan dapat dilaksanakan jika pembebasan lahan telah dilaksanakan dan desain teknis disetujui.

Kepala Subdit Wilayah II Direktorat Sungai dan Pantai juga menyampaikan perlunya kajian sosial dalam pembebasan lahan dan perlunya resistensi dari pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Nganjuk dalam pembangunan Bendungan Semantok. Bupati Nganjuk dalam kesempatannya menyampaikan perlunya pembangunan Bendungan Semantok guna mengatasi permasalahan banjir serta peningkatan sarana irigasi di Kabupaten Nganjuk.

Adapun lokasi dari Bendungan Semantok terletak di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, kabupaten Nganjuk, jawa Timur. Sungai yang dibendung adalah Sungai Semantok dengan luas DAS 54.032 km2 dan panjang sungai utama 18,19 km.

Pembangunan Bendungan Semantok akan berfungsi sebagai sarana irigasi 1.900 Ha, pemenuhan kebutuhan air baku sebanyak 312 lt/det, sebagai pengendalian banjir khususnya banjir di daerah Rejoso dan juga sebagai sarana wisata alam.

Adapun tipe tubuh bendungan adalah urugan tanah dengan type zonal inti tegak dengan tinggi bendungan 38,5 m dan volume efektif bendungan 18.303 juta m3. Adapun kebutuhan lahan untuk pembangunan Bendungan Semantok adalah 415,10 Ha yang terdiri dari lahan perhutani seluas 358,16 Ha dan lahan masyarakat seluas 56,94 Ha. (SISDA) 




SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : bbwsbrantas@pu.go.id

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda