Sambut Asian Games 2018 Ditjen SDA Kerjakan Venue Lomba Dayung
09 Okt  10:07

Kota Palembang selain Jakarta, mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke XVIII pada tahun 2018. Pada penyelenggaraan Asian Games kali ini, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar Indonesia sebagai negara tuan rumah, terutama Provinsi Sumatera Selatan, bisa mempersiapkan venue lomba dengan matang agar penyelenggaraan event tersebut bisa sukses.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII yang diberi amanah untuk mengerjakan perluasan embung konservasi di Jakabaring sebagai venue cabang olahraga dayung pun terus berbenah diri. “Embung ini akan mengakomodasi lintasan dayung dengan lebar seluas 200 meter dan panjang 2200 meter,” terang Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Imam Santoso dalam paparannya kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Panitia Asian Games 2018 di Gedung SDA pada 18 Agustus 2017.

Sisi utara embung ini memiliki volume total galian sebanyak 140.000 m3 yang saat ini sudah dikerjakan sebanyak 35.000 m3, sedangkan volume total galian untuk sisi selatan adalah 119.500 m3 dan sudah dikerjakan sebanyak 55.000 m3. Sementara untuk volume batu rip rap yang totalnya 33.000 m3, sudah dikerjakan sebanyak 20.000 m3.

Saat ini masih ada beberapa warga yang mengklaim tanah di sekitar embung yang akan diperluas adalah tanah masyarakat, sehingga menyebabkan pekerjaan perluasan embung konservasi ini sedikit mengalami gangguan. Begitu pun, BBWS Sumatera VIII terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk segera menyelesaikan masalah pertanahan tersebut, agar venue untuk cabang olahraga dayung ini bisa diselesaikan dengan matang.

Dalam laporannya kepada Menteri PUPR dan Panitia Asian Games, Dirjen SDA Imam Santoso menambahkan bahwa progres untuk pekerjaan ini sudah mencapai 52% per Agustus 2017. “Kami akan genjot terus para penyedia dan penerima jasa untuk menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu,” jelasnya.

Kerja sama dan dukungan penuh dari berbagai pihak pelaksana juga masyarakat setempat amat dibutuhkan, demi kesuksesan ASIAN Games 2018. Keberhasilan penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara Asia yang pada tahun 2018 mendatang ini diikuti oleh 45 negara peserta, pastinya akan mengharumkan nama Indonesia.

 (dro KompuSDA)




SISDA BBWS BRANTAS

Jl. Raya Menganti No.312
Wiyung - Surabaya
Jawatimur - Indonesia

Telp/Fax: 031-7521547
7521645/031-7523488
E-Mail : sisdabrantas@gmail.com
sekretariatbbwsbrantas@gmail.com

Kementerian Pekerjaan Umum Kementerian Pertanian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dewan Sumber Daya Air Nasional Kementerian Lingkungan Hidup Badan Pusat Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional Badan Nasional Penanggulangan Bencana Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar Kemiteraan Air Indonesia

belum ada data bukutamu

Pengembangan Sistem, Data dan Informasi SDA Balai Besar Wilayah Sungai Brantas. © Unit Sisda